Teknologi
Sistem Cerdas
Pada era yang sekarang ini perkembangan teknologi berkembang begitu
pesat. Dapat dilihat salah satu contohnya yaitu teknologi sistem cerdas
tersebut atau juga sering disebut sistem kecerdasan buatan, yang ditambahkan
kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah (Artificial
Intelligence) atau AI.
Definisi
Teknologi Sistem Cerdas
Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu
sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial
Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan
entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer)
agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi
untuk Informatikarelatif tidak bermasalah. Seperti contoh:
mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat
permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia
kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk
direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka,
bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk
cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku,
pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI
menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang
membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian,
perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan
pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti
itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada
penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering
digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang
telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video
game.
‘Kecerdasan buatan’ ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem
kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya. Tidak ada definisi yang memuaskan untuk ‘kecerdasan’:
- kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
- atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah ‘Test Kecerdasan’
SEJARAH
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah
apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan
mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja
pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram. Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang
tetap ada dalam Aktivitas ” pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan
syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester(UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan buatan ” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turingmemperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturanuntuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan syaraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan syaraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritma pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritma ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
Penerapan Dalam Kehidupan
Tak bisa dipungkiri bahwa teknologi saat ini sangat membantu manusia
dalam menyelesaikan pekerjaannya, bahkan teknologi juga dapat menggantikan
peran manusia di kehidupan nyata. Contohnya :
1. Drone atau pesawat tanpa awak
Drone digunakan untuk memantau ke adaan sekitar yang mengalami kemacetan
lalulintas bahkan juga sudah dikembangkan untuk pencarian dan penyelamatan.
2. Perkembangan Mobil
Perkembangan Mobil yang semangkin hari kian modern, perkembangan sistem
yang lagi trend didunia mobil adalah sistem Autopilot (mobil tanpa
pengemudi), sistem ini memang belum banyak dimiliki oleh konsumen bahkan masih
jarang banget pabrikan yang melahirkan mobil ber teknologi autopilot, dari
bebagai pabrikan kebanyakan masih dalam pengembangan.
Semakin berkembangnya teknologi di zaman modern ini, berbagai perkembangan tersebut dibuat agar mempermudah segala pekerjaan manusia. Namun dalam sisi lain yang terpenting adalah semakin hebatnya teknologi, manusia itu sendiri juga tidak boleh kalah hebat dengan ciptaannya sendiri dalam kata lain harus menjadi manusia yang cerdas.
3. ATM
ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine, di
Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah
sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan
mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller”
manusia.
Komponen ATM
Setiap transaksi yang terjadi informasinya akan diterima oleh komputer kemudian dikirimkan ke pusat data melalui sarana telekomunikasi bisa line telpon, Vsat maupun radio, ATM ini dapat dimonitor statusnya dari pusat data sehingga dapat diketahui apakah ATM ini sedang mati atau uangnya sudah habis.
Mesin ATM terdiri dari 2 bagian :
a. Bagian Atas (Upper Compartement) :
– Monitor
– Customer keypad
– Card reader
– Journal printer
– Receipt Printer
Bagian Bawah (Lower
Compartement) :
– Combination lock
– Dispenser module
– Cash cassette
– Reject cassette
– CPU
– Combination lock
– Dispenser module
– Cash cassette
– Reject cassette
– CPU
CARA KERJA ATM
ATM adalah merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat
input dan empat perangkat output. Seperti halnya sebuah terminal data, ATM
harus memiliki koneksi ,terhubung, dan berkomunikasi melalui sebuah host
processor (pusat proses). Pusat proses yang disertai oleh Internet service
provider (ISP) yg berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam
jaringan ATM dan menjadikan berfungsi bagi si pemegang kartu ATM (orang yang
menginginkan uang).
4. Siri
Siri adalah program komputer yang bekerja sebagai asisten pribadi
cerdas. Bagian dari sistem operasi Apple Inc. iOS, watchOS, macOS, and tvOS.
Siri menggunakan bahasa natural antarmuka pengguna untuk menjawab pertanyaan,
membuat rekomendasi, dan melakukan perintah dengan mengirimkan permintaan
kepada layanan Web. Siri berdaptasi dengan bahasa yang digunakan pengguna dan
pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu sebagai preferensi, dan
memberikan hasil yang sesuai. Siri awalnya dikenalkan sebagai aplikasi iOS yang
tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi kemudian oleh Apple pada
28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender untuk suara Siri.
5. PINTU GESER OTOMATIS
Pintu otomatis dapat bekerja untuk membuka dan menutup secara otomatis
dengan menggunakan teknologi sensor. Sensor merupakan suatu perangkat yang
dapat mendeteksi keberadaan seseorang atau objek lainnya ketika orang atau
objek tersebut mendekati pintu otomatis. Biasanya, sensor-sensor tersebut akan
diletakkan di sekitar pintu otomatis. Sensor-sensor ini juga akan diletakkan di
kedua sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar pintu otomatis tersebut, sehingga
pintu otomatis dapat bekerja dari kedua sisi. Sensor kemudian akan mengaktifkan
sistem yang akan menggerakkan motor yang akan membuka dan menutup pintu
otomatis.
Cara Kerja dan Jenis-Jenis Sensor pada Pintu Otomatis
Sensor Optik
Sensor ini akan memancarkan tirai infra merah yang berupa cahaya yang
tidak tampak oleh mata pada jarak jangkauan tertentu. Sensor ini akan bereaksi
jika seseorang atau sesuatu menghalangi cahaya infra merah yang dipancarkan.
Jika seseorang memasuki area yang disinari dengan cahaya ini, maka pancaran
cahaya akan terganggu dan menjadi tidak utuh. Hal ini menyebabkan program
perintah untuk menutup pintu terganggu. Terganggunya program untuk menutup
pintu akan menyebabkan pintu otomatis akan terbuka. Jika objek telah menjauh
dari jarak jangkauan sensor dan sinar sensor kembali utuh, maka pintu otomatis
akan menutup kembali.
Sensor Gerakan
Sensor ini akan memancarkan radar gelombang mikro. Hampir sama seperti
pada sensor optik, jika seseorang atau sesuatu berada dalam jangkauan radar
maka sensor akan bereaksi membuka pintu otomatis.
Sensor Panas Tubuh
Ketika seseorang berada di depan sensor panas tubuh, maka sensor panas
tubuh akan menghitung panjang gelombang yang dihasilkan oleh tubuh manusia
tersebut. Ketika orang tersebut berada dalam keadaan diam, maka panjang
gelombang yang dihasilkan berupa panjang gelombang yang konstan dan menyebabkan
energi panas yang dihasilkan digambarkan hampir sama dengan kondisi lingkungan
di sekitarnya. Ketika orang tersebut melakukan gerakan, maka panjang gelombang
yang dihasilkan berupa panjang gelombang yang bervariasi sehingga menghasilkan
panas yang berbeda dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Panas yang
dihasilkan ini akan dideteksi oleh sensor dan dilanjutkan dengan reaksi untuk
membuka pintu otomatis.
Sensor Tekanan
Sensor ini biasanya diletakkan di bawah keset yang berada di depan
pintu. Sensor ini akan bereaksi terhadap tekanan berat objek yang berada di
atasnya. Dan jika sensor telah menerima batasan minimal berat yang diperlukan
untuk membuka pintu, maka pintu otomatis pun akan terbuka.
Sensor Jarak Jauh
Pada sensor ini dibutuhkan pengendali jarak jauh yang dioperasikan
secara manual untuk membuka dan menutup pintu. Sensor jenis ini biasanya
dipakai pada pintu garasi otomatis.
Contoh Kasus
Penerapan teknologi sistem cerdas dalam kehidupan sehari – hari adalah
PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang mulai mengoperasikan mesin tiket atau
vending machine di sejumlah stasiun. Vending machine merupakan suatu alat atau
mesin yang menjual tiket secara otomatis. Vending Machine tidak
membutuhkan tenaga operator untuk menjual barang, kita dapat memilih sendiri
tiket kereta yang kita inginkan. Keberadaan mesin tiket pada layanan KRL
commuter line bertujuan untuk mengurangi antrean transaksi di loket.
Contoh lain dari teknologi sistem cerdas adalah OSHbot atau robot
pelayan toko. Robot ini adalah robot pintar yang akan memandu pengunjung toko
ke barang yang anda akan beli dengan cara mengucapkan nama barang kepada
OSHbot. OSHbot memiliki tinggi 29.5 inchi dan siap memberikan pelayanan belanja
yang menyenangkan.
DAFTAR PUSTAKA
jagatsisteminformasi.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-definisi-sistem.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar