Sejarah
Perkembangan Sistem dan Teknologi Informasi
Banyak dikalangan
masyarakat yang belum mengetahui definisi dan perbedaan tentang Sistem
informasi dengan Teknologi Informasi. Sistem informasi menurut Gordon B.
Davis ialah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi,
mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
Sedangkan teknologi
informasi menurut Kenneth C.Loudon, teknologi informasi adalah salah satu
alat yang digunakan oleh para manajer untuk mengatasi perubahan (perubahan
informasi yang telah diolah dan dibuat sebelumnya dalam penyimpanan komputer)
yang terjadi. Jadi teknologi memanfatkan teknologi apa pun yang membantu
manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau
menyebarkan informasi.
a.
Sejarah Teknologi Informasi
Manusia telah hidup
semenjak 209 ribu tahun yang lalu, semenjak dari itu manusia terus berkembang
dan mulai berkomunikasi terhadap sesama manusia. Komunikasi menjadi satu alat
yang sangat penting bagi perdaban manusia, dan untuk berkomunikasi manusia atau
mahluk lainnya pun butuh sesuatu yang sama-sama dimiliki yaitu bahasa.
Bahasa yang sama dan dimengerti oleh satu sama lain, tidak pernah berubah
tetapi terus berkembang sejalan dengan intelektualitas manusia yang semakin
meningkat. Bahasa dapat berupa angka, alfabet, simbol. maupun isyarat. Sudah
banyak bukti tentang bahasa(cara berkomunikasi) yang ditunjukkan pada
peninggalan sejarah. Walaupun mungkin manusia memiliki bahasa yang berbeda
disetiap lingkungan, tetapi bahasa tetap mempunyai satu fungsi yang sama yaitu
menyatukan dan memajukan masyarakatnya. Bahasa terus berevolusi dari
bahasa yang digunakan untuk konteks lingkungan yang kecil seperti desa sampai menjadi
bahasa nasional yang menjadi bahasa utama atau wajib setiap negara.
Dengan masyarakat yang
semakin menyadari pentingnya komunikasi, banyak para inventor yang membuat alat
komunikasi seperti pada tahun 1876 Melvyl Deweymengembangkan sitem
penulisan Desimal. Lalu pada tahun
1877 Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang
dipergunakan secara umum. Dari eksistensi telepon yang pada zaman dahulu hanya
tersedia di institusi pemerintahan atau perkantoran, sampai mulai digunakan
untuk setiap rumah, hingga sekarang ini digunakan oleh setiap orang. Dari yang
cara penggunaanya menghubungi operator kepada siapa kita akan melakukan
panggilan, sampai mulai menggunakan nomer telepon masing-masing. Dari yang cara
penggunaanya diputar, lalu ditekan, sampai disentuh.

Pada tahun itu
juga fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan olehEdweard
Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan
dalam tape(pita) magnetis untuk yang pertama. Dan memberikan inspirasi
pada Zvorkyn untuk menciptakan tabung TV (Televisi) yang
pertama pada tahun 1923.

Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama
adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan
komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program
ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John
W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering
(University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC
berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC
menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000
kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya
listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati
ruangan 167 m2. Yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain
pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut
adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.
Von Neumann mendesain
Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan
sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit
pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri utama dari komputer
generasi pertama adalah CPU.
Tahun 1951,
UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand,
menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von
Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric.
Komputer Generasi I
memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu
tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing – masing
yang berbeda yang disebut “Bahasa Mesin”(Machine Language).
Hal ini menyebabkan
komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Karakteristik komputer
Generasi I :
a. Sirkuitnya
Menggunakan Tabung Hampa.
b. Komputer
mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
c. Programnya hanya
bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
d. Instruksi operasi
dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
e. Menggunakan Konsep
Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
f. Menggunakan Simpanan
Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
g. Ukuran fisik
komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
h. Suhunya cepat panas,
sehingga diperlukan pendingin.
i. Prosesnya
kurang cepat.
j. Daya simpannya
kecil.
k. Membutuhkan daya
listrik yang besar.
Komputer
Generasi Kedua (1959 – 1964)
Karena generasi 1
berukuran sangat besar maka para ilmuwan mulai mengembangkan teknologi
resistor. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi resistor ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan
untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah
kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat
mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga
membatasi kepopulerannya.
Salah satu contoh
penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di
kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program
yang tersimpan di dalam komputer dan , bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer.Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja
dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer
dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk
atau menghitung daftar gaji.
Jenis-jenis komputer
lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90,
dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.
Karakteristik Komputer
Grenerasi II:
a. Memiliki transistor
dibanding dengan tabung.
b. Memiliki sistem
penyimpanannya sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama dikembangkan dari
Magnetic Core Storage dan menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan
Magnetic Disk.
c. Tidak lagi
menggunakan bahasa assembly
d. Transistor yang
banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).
Komputer
Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Karena Komputer
Generasi II menggunakan transistor yang membuat komputer menjadai cepat panas,
maka pada generasi ketiga ini para pengembang mulai meninggalkan
resistor. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an. Jack Billy pada 1958,
menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat
komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuitchip kecil yang
mampu menampung banyak komponen menjadi satu.
Karakteristik komputer
generasi ketiga adalah:
a. Karena
menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.
Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
b. Peningkatan dari
sisi software.
c. Kapasitas memori lebih
besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan
ribu).
d. Menggunakan media
penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya
secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
e. Penggunaan listrik
lebih hemat.
f. Kemampuan melakukan
multiprocessing dan multitasking.
g. Telah menggunakan
terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara
h. Harganya semakin
murah.
i. Kemampuan
melakukan komunikasi dengan komputer lain.
Produk Komputer
Generasi III adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700,
7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik
pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation)
Komputer
Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Pada generasi ini,
komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi.
Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan
pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung
ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 ada
dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama,
penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar
Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang
dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan
untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu
IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI)
yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.
Selanjutnya
dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor
yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi
sebelumnya menggunakan magnetic core storage. Perusahaan Intel pada tahun
1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan
nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan
dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik.
Dilanjutkan pada tahun
1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi
pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan
merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor
4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki
kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki
kemampuan pengalamatan yang lebih besar.
Karakteristik Komputer
Generasi IV:
a. Tampilan monitor
masih satu warna (green color).
b. Adanya
mikrocomputer.
c. Tidak satupun yang
PC-Compatible atau Macintosh-Compatible.
d. Muncul istilah PC
(personal Computer).
e. komputer sudah
memiliki Large Scale Integration (LSI)
.Produk Komputer
Generasi IV adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan
Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M
(Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic
(Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).
Komputer
Generasi Kelima (Sekarang)
Pada perkembangan
selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan
menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia
industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft
yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan
software dunia. Dan dilanjutkan dengan munculnya Smartphone.
Sejarah perkembangan
komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. Pada
generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang
merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah
microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor
dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan
yang membuat micro-processor di antaranya adalah Intel Corporation, Motorola,
Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari
Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan
produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala
kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan
kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.Tahun 2001 Intel
mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64
bit (IA-64) pertama.
Itanium merupakan
prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan
menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih
mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.
Perlu diketahui bahwa sejak
dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu
dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang
digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit. Meskipun komputer pada
generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki
kemampuan yang semakin canggih.
Karakteristik Komputer
Generasi V:
a. Resolusi gambar yang
bagus
b. Komputer 32 bit dan
64 bit.
c. Teknologi AI
(Artificial Inteligence)
d. Munculnya Smarphone.
e. Berbasic GUI
(Graphical User Interface)
Pada generasi kelima
ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction,
teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses
trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses
miliaran operasi perdetik.
Contoh-contoh komputer
yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang
diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada
tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun
1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.
Selanjutnya pada tahun
1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan
jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per
Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan
4.
C. Perangkat
Komputer
1. Monitor
Monitor ini mmpunyai
fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang
dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
2. CPU (Central
Processing Unit)
CPU berfungsi sebagai
pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat
mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua
aktivitas kinerja di dalam komputer.
3. Printer
Printer berfungsi untuk
untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.
4. Scanner
Scanner ini seperti
mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan
kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
5. Mouse
Mouse berfungsi untuk
menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
6. Keyboard
Keyboard berfungsi
untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah
untuk menyimpan file & membuka file.
7. Speaker
Speaker berfungsi untuk
merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau
getaran.
8. Modem
Modem berfungsi alat
komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer
ke jaringan internet.
9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk
menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.
10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk
menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai
alat booting komputer.
11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori
adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara
sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.
12. Power Supply
Power Supply berfungsi
sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.
13. Kabel Data
Kabel data berfungsi
untuk mengirim data atau menerima data komputer.
14. Kabel VGA
Fungsi kabel VGA untuk
menampilkan out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya
bisa bisa dilihat di layar monitor.
15. Fan / Kipas
Fungsi fan adalah
sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk
16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk
menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN
17. Motherboard
Fungsi Motherboard /
Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik
yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor
sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.
18. Processor
Fungsi processor untuk
merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
19. Headsets
Fungsi headsets untuk
mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.
20. Microphone
Fungsi microphone adalah
menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.
21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sbagai
tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.
22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data
23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk
menyimpan data-data
24. Webcam
Fungsi Webcam sbagai
alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak
chatting.
25. Joystick
Fungsi joystick sbagai
alat bantu untuk memainkan permainan / game.
D. Pemanfaatan Sistem/
Teknologi Informasi
Seperti yang telah saya
katakan sebelumnya bahwa sistem/teknologi informasi yang saling berkaitan
memiliki kunci penting bagi peradaban umat manusia. Sekarang setiap orang makin
banyak yang memanfaatkan teknologi disegala bidang untuk meningkatkan efsiensi,
efektifitas, dan juga meningkatkan pendapatan. Maka dari itu kita akan membahas
pemanfaatan sistem/teknologi informasi.
1). Bidang Bisnis
dan Ekonomi
Dengan memanfaatkan IT
untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan
perusahaan di dunia.
- IT dapat memperluas pangsa pasar.
- IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
- IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
- IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
- IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
- e-Commerce
- e-Money
2). Bidang Pendidikan
Pendidikan sangatlah
penting untuk memprsiapkan generasi muda dimasa mendatang, mengedukasi generasi
muda adalah kunci keberhasilan, mak dari itu banyak sekolah yang memanfaatkan
teknologi untuk menunjang para muridnya.
- e-Library
- e-Learning
- virtual class
- Internet yang akan membantu tugas murid
3). Bidang Politik
Teknologi informasi
juga dimanfaatkan dalam bidang politik seperti saat mengkampanyekan calon
gubernur atau presiden, dan pada saat pemilihan presiden. Pada pemilihan
presiden teknologi informasi ddigunakan untuk mendata calon pemilih baik yang
berada didalam ataupun diluar negeri, seperti pemilihan online. Adapun juga
berbagai lembaga yang melakukan Quick Count dalam perhitungan isi suara pemilihan
presiden.
4). Bidang Pemerintahan
Pernah mendengah
e-Goverment? itu merupakan produk dari pemanfaatan teknologi informasi oleh
pemerintah pusat maupun daerah agar dapat lebih dekat dengan masyarakatnya. Dan
juga adanya e-KTP yang dimaksudkan untuk mendata semua warga negaranya secara
elektronik agar semua datanya dapat diback-up, tidak akan terjadi double data,
dan juga lebih efisien dan hemat kertas dan ruang.
5). Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan,
teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk mendata pasien hingga menjadi
alat untuk memeriksa pasien, seperti alat USG yang merupakan komputer. Sekarang
banyak situs – stus didunia maya yang berguna untuk mengkonsultasikan
kesehatan, adapun juga aplikasi-aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis
penyakit.
6). Bidang Industri
Dalam industri,
teknologi informasi sangat akan membantu operasional sebuah pabrik. Seperti
absensi elektronik, mesin-mesin, pekerja, distribusi, hingga penggajian para
pekerja.
2. Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
·
Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang
bergabungan/ teradu dan bekerja secara beracam-macam serta terkoordinasi oleh
suatu sistem operasi. Seperangkat alat-alat elektronika yang berupa mesin=mesin/
komponen-komponen yang dapat dilihat, inilah yang disebut dengan Perangkat
Keras (Hardware)
Beberapa komponen Hardware:
1. Input
Input adalah salah satu bagian/ komponen dari sistem komputer yang
berfungsi untuk tempat memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada
komputer.
Data maupun instruksi yang dimasukkan ke dalam komputer adalah
data/ instruksi yang masih dalam bahasa ataupun kode-kode, sedangkan mesin
komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode
biner (bit) jadi agar komputer bisa mengenal data/ instruksi-instruksi
tersebut, alat inilah yang akan melakukan terjemahan/ konversinya.
Contoh alat-alat Input:
·
Keyboard
Berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan.
·
Mouse
Berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursosr secara
cepat serta mengatur posisi kursor di layar.
·
Scanner
Berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar atau teks yang
kemdian disimpan dalam memori komputer. Scanner sebenarnya terbagi
atas beberapa jenis menurut fungsinya. ada yang berfungsi memindai
tulisan dan menyimpannya dalam format teks, ada yang berfungsi
untuk memindai dan menyimpan dalam format picture, ada pula yang
berfungsi untuk memindai warna hitam seperti yang dilakukan alat
periksa kertas ujian.
2. Proses
Proses adalah adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data
kedalam komputer setelah mengalami proses Input.
Contoh alat-alat Proses:
·
CPU (Central Processing Unit)
Sebagai otak dan pengendali proses kinerja computer, dengan
dibantu komponen lainnya.
·
ALU (Arithmetic Logical Unit)
Berfungsi untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk
angka dan logika, seperti data matematika dan statistika.
·
CU (Control Unit)
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian
terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut
dikeluarkan.
3. Output
Output adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi
untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pegolahan yang telah dilakukan oleh
komputer. Semua hasil dari pengolahan/ proses komputer ini juga merupakan
kode/simbol yang masih dalam bentuk kode biner (bit), maka agar kita sebagai
pemakai komputer bisa membacanya, simbol biner itu harus dikonversikan lagi
kedalam bentuk bahasa yang kita kenal.
Contoh alat-alat Output:
·
Monitor
Berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik diam atau
bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.
·
Printer
Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya
seperti kertas transparansi.
·
Speaker
Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.
4. Kontrol
Mengatur dan mengendalikan alat Input Output sangatlah penting,
Unit kendali atau Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang
bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang
dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output
dari CU ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU.
Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai
ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai
sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control
store). Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit
yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol
bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah
register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip.
Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya
masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor). CU, juga berfungsi
untuk bersinkronasi antar komponen.
5. Penyimpanan
Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah
generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada
komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan
disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat
sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer
tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup).
Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori
fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data
yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk,
semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka
kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk
Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut
Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat
dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun
demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai
contoh, Read Only Memory (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia
dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan
tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan
salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak
digolongkan ke dalam Random Access Memory.
·
Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
1. Evaluasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak (Software) adalah komponen dalam data processing
system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol
sistem. Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan
hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
Fungsi Software antara lain:
·
Mengidentifikasi program
·
Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan
komputer terkontrol
·
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
2. Klasifikasi Perangkat Lunak:
Perangkat
Lunak Sistem
a) Bahasa Permrograman
Bahasa Pemrograman adalah bahasa-bahasa yang dipakai oleh
programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program).
Contoh Bahasa Pemrograman:
1. ASSEMBLER : Suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesih (Machine
Oriented Languange).
2. COBOL : Common Bussiness Oriented Language, untuk aplikasi
komersil (bussiness).
3. FORTRAN : Formula Translator, untuk aplikasi ilmiah/ teknik
Menurut tingkatannya Bahasa Pemrograman digolongkan menjadi 3
macam, yaitu Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Laguage), Bahasa Tingkat Menengah
(Medium Level Language) dan Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language).
b) Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah bagian software yang sangat pentin,
merupakan kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan
processing di dalam sistem.
Pada prinsipnya, oprating system merupakan kumpulan dari program
routine dan prosedur, yang dibuat untuk memperkecil peranan manusia dalam
sistem dan untuk membesar efisiensi sistem. Kemampuan Komputer beroperasi itu
sangat ditentukan oleh konfigurasi dan kapasitas komputer dalam instalasi
komputer.
Contoh-contoh Sistem Operasi:
·
BOS (Basic Operating System)
·
TOP (Tape Operating System)
·
DOS (Disk Operating System)
·
OS/VS (Operating System/ Virtual Storage).
c) Utility
Kerja sebuah komputer tidak hanya ditentukan dari potensi yang ada
pada perangkat kerasnya saja, tetapi juga ditentukan dari paket perangkat lunak
apa yang dipergunakan. Agar kinerjanya dapat lebih tinggi lagi, maka
digunakanlah utility program atau program bantu, yang bekerja simultan terhadap
paket perangkat lunak utama yang digunakan.
Contoh program Utility:
·
Norton Utility
·
PC Tools
·
Mace Utility.
Perangkat
Lunak Aplikasi
a) Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah sebuah paket perangkat lunak yang
diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen-komponennya umumnya
didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat
berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri dari
sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan,
paket dapat terdiri dari sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data,
paket grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah paket perkantoran juga dapat
memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket
groupware.
Paket perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft
Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple
Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara
de-facto.
1. Microsoft Office Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah
perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.
2. Microsoft Office Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel atau Excel adalah
sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS.
3. Microsoft Office PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau
PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan
oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office,
selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
b) Aplikasi Multimedia
Aplikasi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan
dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat
bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia
game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di
dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Contoh Aplikasi Multimedia:
·
VLC Media Player
·
Media Player Classic
·
WinAmp
·
Macromedia
·
Corel Photo Paint
·
Adobe Photoshop
·
Power Director
·
NOTEPAD++.
c) Aplikasi Internet
Aplikasi Internet adalah sebuah perangkat lunak yang berhubungan
dengan internet. Umumnya "Internet Suite" merupakan gabungan web
browser, e-mail client (dilengkapi news client dan address book), download
manager, HTML editor, dan IRC client.
Contoh Aplikasi Internet:
·
Netscape Communicator
·
Mozilla Application Suite, SeaMonkey and Gnuzilla
·
Opera
·
Google Chrome
·
Arachne
·
Cyberdog
·
MSN Explorer
KESIMPULAN
Sistem
jaringan ,perangkat hardware dan juga software pada suatu instasi menunjang
kinerja dalam mengolah data , maka model dari jaringan ,hardware , software
yang digunakan dan pengelolaan server sangat penting dan sangat berperan dalam
membantu pekerjaan pada suatu instansi. Dengan demikian dapat mengefisienkan
waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengelola jaringan.
Setelah penulis melakukan penelusuran tentang pengertian
hardware dan software, maka penulis menjadi lebih tau apa arti dari perangkat
hardware dan software. Dan pentingnya pengetahuan tentang tekhnologi yang
berkembang sangat pesat pada era globalisasi sekarang ini.
SARAN
Untuk kemajuan komputer maka diharapkan agar
perkembangan komputer kedepan dapat mengubah pola pikir dan menjadikan
masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.
SUMBER :
· Pengenalan Komputer, Gunadarma 1996 oleh D. Suryadi H. S.
· https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
· https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
· https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
· https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar