MANAJEMEN
PELAYANAN
Manajemen pelayanan adalah
seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil kepada pelanggan
dalam bentuk layanan. “Kemampuan Khusus Organisasi” ini meliputi proses,
kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan
layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur
organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana
memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Meskipun tidak ada definisi tunggal
profesi, profesi diterima secara luas bahwa kata profesi berlaku di mana
sekelompok orang berbagi standar umum dan disiplin berdasarkan tingkat tinggi
pengetahuan dan keterampilan, yang diperoleh dari skema pendidikan terorganisir
didukung oleh pelatihan melalui pengalaman dan diukur dan diakui melalui
kualifikasi formal. Selain itu, profesi berusaha untuk menggunakan pengaruhnya
melalui pengembangan pedoman praktik yang baik dan saran dalam rangka
meningkatkan standar kinerja di bidang yang diberikan. Untuk memahami apa itu
Manajemen Layanan, dan mengapa sangat penting untuk perusahaan, kita perlu
memahami apa itu layanan, dan bagaimana manajemen layanan dapat membantu
penyedia layanan untuk memberikan dan mengelola layanan ini. Maksud dari
Service adalah sarana penyampaian nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi
hasil untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang
secara memuaskan. Hasil yang diinginkan pelanggan untuk mencapai ini adalah
alasan mengapa mereka membeli atau menggunakan Service. Biasanya ini akan
dinyatakan sebagai tujuan bisnis tertentu (mis. untuk memungkinkan pelanggan
dari bank untuk melakukan semua transaksi dan manajemen account aktivitas
online atau untuk memberikan pelayanan negara kepada warga dengan cara yang
hemat biaya). Nilai layanan kepada pelanggan secara langsung tergantung pada
seberapa baik layanan memfasilitasi hasil ini. Ini adalah konsep umum yang
berlaku untuk pembelian layanan. Mempertimbangkan perencanaan keuangan. Sebagai
pelanggan, tidak memiliki keahlian atau waktu, maupun keinginan untuk menangani
semua hari-hari pengambilan keputusan dan pengelolaan investasi secara individu
yang diperlukan. Oleh karena itu, membeli jasa seorang manajer profesional
untuk memberikan pelayanan. Selama Kinerja mereka memberikan nilai
(meningkatkan kekayaan) akan di pertahankan untuk terus di pakai pelayanannya. Di
masa mendatang, penyedia layanan sering berfokus pada teknis (sisi penawaran)
berpusat pada layanan, bukan pada sisi konsumsi.
Manajemen Pelayanan dapat
menyediakan pelayanan sebagai berikut:
- Memahami layanan yang mereka sediakan baik dari konsumen dan perspektif penyedia
- Memastikan bahwa layanan benar-benar agar peanggan mendapatkan yang diinginkan
- Memahami nilai service tersebut kepada pelanggan mereka dan karna mereka yang terpenting
- Memahami dan mengelola semua biaya dan risiko yang berkaitan dengan pemberian layanan tersebut.
ITSM
ITSM (Information Technology
Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode
pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada
perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan
kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada
teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau
pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.
ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama
dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six
Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini tidak memedulikan
detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem
yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk
menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel
teknis TI dengan pengguna teknologi informasi. ITSM umumnya menangani masalah
operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations
architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya
sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual
bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh
bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang
merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti
pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang
berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya. Sesuai
dengan fungsi ini, ITSM sering dianggap sebagai analogi disiplin ERP pada TI,
walaupun sejarahnya yang berakar pada operasi TI dapat membatasi penerapannya
pada aktivitas utama TI lainnya seperti manajemen portfolio TI dan rekayasa
perangkat lunak.
A. KERANGKA
STRUKTUR ITIL
Menurut OGC (2006:16), struktur
dari ITIL terdiri dari :
- Business Perspective
- Service Delivery
- Service Support
- Information Communication Technology (ICT) Infrastructure Management
- Network Service Management
- Operations Management
- Systems Management
- Local Processes Management
- Applications Management
Unsur applications
management membantu mendefinisikan kebutuhan bisnis sesuai dengan
perubahan dalam bisnis. Hal ini juga membantu organisasi dalam menggabungkan
perubahan-perubahan dalam proses dan fungsinya.
B. INTI
DARI ITIL
Service Strategy memberikan
panduan kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan
hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi (dalam memberikan, mengelola serta
mengoperasikan layanan TI), tapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan.
Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar dari konsep ITSM,
acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan
ITIL Service Lifecycle.
Topik-topik yang dibahas dalam
tahapan lifecycle ini mencakup pembentukan pasar untuk menjual layanan,
tipe-tipe dan karakteristik penyedia layanan internal maupun eksternal,
aset-aset layanan, konsep portofolio layanan serta strategi implementasi
keseluruhan ITIL Service Lifecycle. Proses-proses yang dicakup dalam Service
Strategy, di samping topik-topik di atas adalah:
- Service Portfolio Management
- Financial Management
- Demand Management
Bagi organisasi TI yang baru akan
mengimplementasikan ITIL, Service Strategy digunakan sebagai panduan untuk
menentukan tujuan/sasaran serta ekspektasi nilai kinerja dalam mengelola
layanan TI serta untuk mengidentifikasi, memilih serta memprioritaskan berbagai
rencana perbaikan operasional maupun organisasional di dalam organisasi TI. Bagi
organisasi TI yang saat ini telah mengimplementasikan ITIL, Service Strategy
digunakan sebagai panduan untuk melakukan review strategis bagi semua proses
dan perangkat (roles, responsibilities, teknologi pendukung, dll) ITSM di
organisasinya, serta untuk meningkatkan kapabilitas dari semua proses serta
perangkat ITSM tersebut. Service Design Agar layanan TI dapat memberikan
manfaat kepada pihak bisnis, layanan-layanan TI tersebut
harus terlebih dahulu di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan.
Service Design memberikan panduan kepada organisasi TI untuk dapat secara
sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan TI maupun
implementasi ITSM itu sendiri. Service Design berisi prinsip-prinsip dan
metode-metode desain untuk mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi TI
dan bisnis menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan,
seperti server, storage dan sebagainya. Ruang lingkup Service Design tidak
melulu hanya untuk mendesain layanan TI baru, namun juga proses-proses
perubahan maupun peningkatan kualitas layanan, kontinyuitas layanan maupun
kinerja dari layanan.
Proses-proses yang dicakup dalam
Service Design yaitu:
1. Service Catalog Management
2. Service Level Management
3. Supplier Management
4. Capacity Management
5. Availability Management
6. IT Service Continuity
Management
7. Information Security
Management
Service Transition Service
Transition menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan
serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun
layanan TI yang diubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Tahapan
lifecycle ini memberikan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang didefinisikan
dalam Service Strategy kemudian dibentuk dalam Service Design untuk selanjutnya
secara efektif direalisasikan dalam Service Operation.
Proses-proses yang dicakup dalam
Service Transition yaitu:
1. Transition Planning and
Support
2. Change Management
3. Service Asset &
Configuration Management
4. Release & Deployment
Management
5. Service Validation
6. Evaluation
7. Knowledge Management
Service Operation Service
Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional
harian pengelolaan layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat berbagai panduan
pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin
tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan sebelumnya.
Panduan-panduan ini mencakup bagaiman menjaga kestabilan operasional layanan TI
serta pengelolaan perubahan desain, skala, ruang lingkup serta target kinerja
layanan TI.
Proses-proses yang dicakup dalam
Service Transition yaitu:
1. Event Management
2. Incident Management
3. Problem Management
4. Request Fulfillment
5. Access Management
Continual Service Improvement
Continual Service Improvement (CSI) memberikan panduan penting dalam menyusun
serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan
pengoperasiannya. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari
manajemen kualitas, salah satunya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang
dikenal sebagi Deming Quality Cycle
C. MODEL
PENGELOLAAN ITIL
Kesulitan dalam membangun
blueprint dan roadmap implementasi ditimbulkan akibat dari tidak adanya standar
arsitektur sistem, tools pengembangan, database management system (DBMS) dan
manajemen dokumen sistem. Desain perangkat lunak sangat bergantung pada
struktur organisasi perusahaan karena berhubungan dengan pemeliharaan, perbaikan
sistem pengujian, integrasi sistem dan pengembangan sistem yang akan dimulai
dari awal, bukan melanjutkan sistem yang sudah ada. Hal yang tidak kalah
pentingnya adalah kelancaran sistem yang sangat tergantung dari pengelolaan
Teknologi Informasi, tetapi jarang sekali dilakukan dengan baik, dan oleh
karena itu diperlukan suatu rekayasa sistem informasi untuk membangun
infrastruktur sistem informasi dengan menggunakan sebuah framework Teknologi
Informasi sebagai standar penggunaan sistem. Dengan Information Technology
Infrastructure Library(ITIL) sebagai ”Best Practice” framework di bidang IT
yang dicetuskan dan banyak diimplementasikan di United Kingdom (UK), diharapkan
organisasi dapat memperoleh roadmap implementasi dan blueprint untuk
pemanfaatan, implementasi dan penggunaan Teknologi Informasi.
LAYANAN
LIFECYCLE
A.
STRATEGI LAYANAN
Apa itu Service strategi?
SERVICE STRATEGI Layanan Strategi
adalah tahap pertama dari ITIL Service Management Lifecycle. Ini adalah poros
di mana siklus berputar. Fase ini digunakan untuk menetapkan strategi
keseluruhan untuk layanan TI yang direncanakan organisasi dan manajemen layanan
(ITSM) praktek. Ini memuncak dalam rencana strategis yang menentukan bagaimana
layanan TI yang direncanakan organisasi dan kebijakan dan proses ITSM akan
digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Layanan Strategi fase
membantu memastikan bahwa organisasi siap untuk mengelola biaya dan risiko yang
terkait dengan memulai layanan-layanan baru. Dalam fase ini, organisasi
melakukan hal berikut:. Tentukan ruang pasar untuk layanan TI yang
direncanakan. Menetapkan harapan kinerja untuk melayani pelanggan.
Mengidentifikasi, memprioritaskan, dan pilih peluang. Mengembangkan kebijakan,
pedoman, dan proses yang akan digunakan untuk mengelola layanan TI Service
Strategy (Strategi Layanan) juga salah satu publikasi inti IT Infrastructure
Library (ITIL) framework yang digunakan di dalam penerapan IT Service
Management (ITSM). Dari judulnya, buku pertama ITIL ini bertujuan untuk
memberikan panduan tentang pentingnya bagi semua organisasi untuk menyelaraskan
strategi bisnis yang didefinisikan dengan baik dengan strategi ICT yang
efektif.
LAYANAN
STRATEGI
Tujuan dari strategi pelayanan
adalah untuk menawarkan layanan yang lebih baik daripada kompetisi. Anda perlu
untuk mengalahkan oposisi untuk bertahan hidup. Tentu saja, untuk menjadi
sukses dalam jangka panjang, seperti industri menyesuaikan perubahan ekonomi,
sosial, politik dan teknologi yang tak terelakkan, organisasi harus berpikir
jangka panjang. Jadi strategi pelayanan yang tidak hanya tentang strategi untuk
masing-masing layanan hari, tetapi juga tentang posisi penyedia layanan IT
untuk jangka panjang. Ini juga mencakup desain, pengembangan dan pelaksanaan
manajemen layanan sebagai dasar untuk suara pemerintahan dan sebagai bagian
dari organisasi strategis aset dasar.
A. TATA
KELOLA
Konsep pemerintahan terpusat padaoperasi dan manajemen dari semua organisasi yang sehat.
Ini mencakup berbagai kebijakan, proses dan struktur yang ditetapkan oleh manajemen senior
untuk memastikan kelancaran dan kontrol yang efektif dari organisasi. Bimbingan yang diberikan
melalui disiplin ITIL menawarkan suara dasar untuk pengembangan tata
pemerintahan yang efektif, yang penting untuk penyedia IT untuk setiap
organisasi Standar internasional untuk IT tata kelola, ISO/IEC 38500:2008,
'menyediakan kerangka kerja tata kelola yang efektif untuk membantu orang-orang
di tingkat tertinggi organisasi untuk memahami dan memenuhi kewajiban mereka
hukum, peraturan dan etika dengan organisasi mereka menggunakan itu'. Kerangka
kerja ini menetapkan enam prinsip tata kelola perusahaan yang baik, yang
meliputi tanggung jawab, strategi, akuisisi, kinerja, kesesuaian dan perilaku
manusia, membuat jelas bahwa tata kelola IT adalah tentang banyak lebih dari
proses dan kontrol. Ini adalah sebuah sistem manajemen yang digunakan oleh Direktur sebuah organisasi
untuk memastikan pelayanan yang tepat dan efektif sumber
daya itu. Namun demikian, IT
efektif prosedur dan kontrol merupakan komponen vital tatakelola yang baik. Kerangka ITIL dapat menjadi bagian penting dari
fondasi untuk pengaturan IT yang sangat baik. IT
adalah layanan bisnis, dan adopsi dari ITIL praktek
layanan manajemen adalah cara yang efektif untuk mengatasi
tata kelola IT. Setiap bagian dari siklus hidup Layanan. Setiap
bagian dari siklus hidup Layanan memiliki peran bermain. Misalnya, strategi pelayanan
memastikan bahwa investasi IT yang tidak hanya mengatasi isu-isu yang penting
bagi bisnis, tetapi juga bahwa mereka adalah investasi suara yang
memperhitungkan tepat biaya, manfaat dan risiko. Peningkatan pelayanan
terus-menerus membantu bisnis mencapai nilai yang lebih besar dan lebih tinggi
tingkat efisiensi sementara sesuai dengan standar seperti ISO/IEC 20000 dan
kendala-kendala eksternal seperti Sarbanes-Oxley (SOX).
B. RESIKO
Manajemen yang efektif risiko, merupakan masalah penting bagi semua berhasil organisasi, adalah komponen kunci dari pemerintahan. Manajemen resiko yang efektif memerlukan kerangka konsisten di mana risiko di identifikasi dan dianalisis dan langkah-langkah tepat diletakkan ditempat untuk menangani mereka. Kunci dari memproses layanan
strategi adalah:
- Business relationship management
- Financial management for IT services
- Service portfolio management
C. JENIS
- JENIS PENYEDIAAN LAYANAN IT
Hal ini penting
untuk mengakui bahwa ada berbagai tipe penyedia layanan TI, dan bahwa
meskipun semua akan memiliki kesamaan dalam kaitannya
dengan manajemen pelayanan, akan ada aspek yang unik, misalnya yang
menyangkut hubungan komersial dengan pelanggan dan bisnis dilayani oleh
penyedia. Dalam prakteknya, ada variasi yang luar biasa dalam jenis penyedia
layanan IT penyedia yang berbeda ditandai dengan hubungan mereka dengan
pelanggan dan posisi mereka dalam kaitannya dengan usaha atau bisnis mereka
layanan. Ini membantu untuk menyederhanakan kompleksitas dan mengidentifikasi
sejumlah kecil jenis penyedia yang mewakili lebih luas berbagai di
pasar. Penyederhanaan ini mengarah pada 3 tipe berikut ini:
- Tipe I - Internal service provider
- Tipe II - Shared services unit
- Type III – External service provider
D. STRATEGI
4 P
Setelah dianggap pendekatan
strategis penyedia layanan IT ke pasar, bagian selanjutnya dari persamaan
strategis adalah pendekatan penyedia layanan IT untuk strategi pelayanan.
Hal ini dapat dianalisis dalam hal 4P:
- Strategi sebagai sebuah Perspective(Perspektif)
- Strategi sebagai Position(Posisi)
- Strategi sebagai Plan(Rencana)
- Strategi sebagai Pattern(Pola)
E. MANAJEMEN
PELAYANAN SEBAGAI ASET STRATEGIS
Ada dua komponen strategi
pelayanan. strategi pelayanan jelas tentang
pengembangan strategi untuk pengiriman layanan tertentu, tetapi
ada juga pengembangan manajemen pelayanan sebagai kompetensi
untuk memberikan pelayanan sebagai bagian dari strategi bisnis
dan sebagai dasar untuk pemerintahan yang baik. Pengembangan
manajemen pelayanan sebagai aset strategis merupakan pusat strategi
pelayanan. Manajemen layanan menyediakan kerangka kerja yang nilai disampaikan
kepada pelanggan dalam bentuk jasa yang diwakili secara kolektif dalam katalog
layanan. kepercayaan pelanggan di komisioning penawaran layanan baru tergantung
pada kemampuan manajemen pelayanan penyedia layanan IT.
Mengembangkan Strategi Untuk Layanan Khusus
Dalam
hal pengembangan strategi untuk penawaran layanan tertentu,
kuncinya elemen bersangkutan
dengan serangkaian kegiatan yang melibatkan:
- Memahami pelanggan dan cara IT dapat memberikan nilai kepada mereka
- Memahami hasil yang diinginkan oleh pelanggan dari layanan dan bagaimana layanan akan memberikan manfaat
- Mendefinisikan faktor penentu keberhasilan untuk layanan
- Mengembangkan spesifikasi berdasarkan pada hasil yang dibutuhkan oleh pelanggan, termasuk utilitas dan garansi yang diperlukan
- Berkembang melalui manajemen permintaan pemahaman tentang prioritas pelanggan dalam kaitannya dengan pola aktivitas bisnis (patterns of business activity).
Penting untuk diingat
bahwa layanan individu harus beroperasi dalam konteks
yang lebih luas. layanan baru harus masuk ke
dalam kerangkapelayanan yang ada dan setiap layanan
baru lainnya yang mereka mungkin akan berbagi layanan
umum dan bersaing untuk sumber daya. Pengembangan strategi pelayanan harus
mengambil ini sepenuhnya ke rekening. Pada tahap awal dalam
pengembangan strategi layanan, awal , Rincian konseptual
dari layanan
baru akan ditangkap dalam portofolio layanan dan layanan
baru akan memulai perjalanan melalui siklus
hidup. Melalui manajemen portofolio
layanan, menawarkan layanan baru akan dimasukkan ke
dalam konteks yang lebih luas dari layanan lain, tren
bisnis, regulasi, pasar berkembang, teknologi, persaingan, risiko
dan sebagainya. Kasus bisnis,dikembangkan bersama
dengan manajemen keuangan, akan mencerminkan faktor-faktor
ini dan menjelaskan mengapa strategi pelayanan yang
dikembangkan merupakan cara terbaik ke
depan serta menjelaskan bagaimana dan sampai sejauh mana
itu akan memberikan nilai. Hasil dari proses strategi pelayanan adalah
keputusan untuk melanjutkan layanan atau tidak. jasa disetujui 'disewa' di mana
mereka siap untuk bergerak
maju ke desain layanan. Transfer ke dalam
desain layanan memerlukan produksi paket
layanan, yang menjelaskan secara rinci layanan IT yang
akan dikirimkan ke pelanggan, termasuk tingkat
pelayanan yang akan dicapaidan jasa pendukung yang akan
mendukung pengiriman.
Dalam memberikan layanan, penyediaan
layanan IT mengeksploitasi aset sendiri untuk menambah
nilai aset pelanggan dan menghasilkan nilai bagiorganisasi.
Aset yang digunakan oleh penyedia
layanan IT dapat dijelaskan dalam hal kemampuannya dan
sumber daya, yang pertama kali diperkenalkan pada Pengembangan strategi pelayanan sukses perlu dibangun
di atas pemahaman tentang aset layanan yang dapat
dibawa ke dalam bermain dalam pemberian layanan. Tidak ada
gunanya dalam merumuskan strategi layanan yang
membutuhkan aset layanan yang tidak akan tersedia. Membuat
asumsi tentang kemampuan organisasi untuk meningkatkan basis
layanan aset,terutama kemampuan, memperkenalkan unsur
risiko yang perlu diakui, dipahami dan dikelola.
Dalam
mengembangkan strategi layanan adalah penting
untuk mengenali bahwa generasi nilai bisnis membutuhkan
kombinasi aset penyedia layanan IT dan aset pelanggan. Ini
berarti bahwa pengembangan strategi
pelayanan harus diinformasikan oleh pengetahuan sumber
daya pelanggandan kemampuan, dan peluang,
ancaman, kerentanan dan risiko yang terkait dengan
mereka. Penyedia layanan IT harus melihat keluar serta ke
dalam. Gagasan bahwa layanan nilai tambah merupakan dasar
untuk pelayanan IT dan
merupakan masukan utama untuk pengembangan strategi
pelayanan. Ada gunanya dalam mengembangkan layanan yang tidak
memiliki nilai diakui. kita membahas bagaimana nilai diciptakan
melalui utilitas atau kesesuaian untuk tujuan, dan
garansi atau kesesuaian untuk digunakan. Kita bisa
mengukur nilai tidak hanya dari segi manfaat
terukur seperti penghematan
keuangan atau peningkatan pendapatan, tetapi juga dari segi manfaat
seperti kualitas layanan, yang kurang mudah
diukur dan sering bergantung pada persepsi pelanggan
atau pengguna jasa. Prinsip yang nilainya tergantung
pada persepsi pelanggan membawa kita untuk menyimpulkan
bahwa strategi pelayanan yang efektif memerlukan cara
berpikir, suatu 'pola pikir pemasaran', yang
menangkap perspektif pelanggan,melalui mana
kita dapat memahami baik
pelanggan
dan hasil yang pelanggan benar-benar nilai-nilai dan
mengapa, dan sejauh mana mereka dihargai.
F. OTOMATISASI PROSES MANAJEMEN LAYANAN
Mengotomatisasi proses
bisnis memberikan utilitas yang lebih
tinggi dan garansi demikian menghasilkan kinerja yang lebih
baik dan nilai dari layanan dan pelanggan aset. Hal yang
sama berlaku untuk manajemen layanan IT. Sebelumnya dalam
bab ini, kami mengidentifikasi IT kemampuan manajemen
pelayanan sebagai aset strategis. Membangun kemampuan
ini melalui otomatisasi merupakan dasar
untuk memberikan nilai bisnis dengan tetap kompetitif. Tentu
saja, manajemen pelayanan yang efektif di semua organisasi terkecil dapat
dibayangkan tanpa tingkat otomatisasi. Misalnya, manajemen konfigurasi berdasarkan catatan
kertas hampir tidak bisa memberikan dalam suatu
organisasi apapun skala yang signifikan. Melampaui
tingkat dasar ini, kita dapat mengidentifikasi sejumlah
bidang di mana otomatisasi dapat meningkatkan
kemampuan. Sebagai contoh:
- Pemantauan dan pengukuran ke mana tidak mungkin dengan cara lain, penanganan tingkat kompleksitas yang tinggi dan volume terlepas dariwaktu atau lokasi.
- Membangkitkan otomatis alert membantu kita merespon lebih cepat untuk acara, membantu kita menjaga ketersediaan layanan.
- Alat Penemuan memungkinkan kita untuk mempertahankan sistem manajemen konfigurasi up-to-date dan mengidentifikasi dan menangani berbagai masalah kontrol terkait.
- Pemodelan Canggih dan simulasi membantu kita merancang infrastruktur dan aplikasi, dan pilihan yang kompleks model untuk penyediaan layanan.
- Kecerdasan buatan mampu menawarkan berbagai kemampuan dari analisis akar penyebab, melalui alarm dan kontrol canggih sistem, untuk penjadwalan kompleks dan manajemen sumber daya.
- Sistem manajemen Workflow meningkatkan layanan pelanggan dan efisiensi di berbagai proses.
Pada tingkat yang lebih
mendasar, otomatisasi meningkatkan produktivitas, memungkinkan
kita untuk menangani fluktuasi permintaan dan umumnya
melakukan lebih kurang. Kritis untuk manajemen layanan IT, juga
memungkinkan kita untuk mengintegrasikan seluruh proses
manajemen layanan yang berbeda dan fungsi, misalnya melalui
peningkatan koherensi, bersama proses alur
kerja dan eskalasi, bersama alarm dan peringatan, komunikasi
antar-proses yang lebih baik, berbagi informasi dan pembelajaran
organisasi. Hal ini meningkatkan efisiensi, membantu
mengurangikesalahan dan duplikasi usaha, dan memberikan nilai
yang lebih baik dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.
SUMBER
Ernest Brewster, Richard
Griffiths,
Aidan Lawes and John Sansbury.
ITIL Licensed Product.
IT Service Management.
https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/TSA-2013-0059%20BAB%202.pdf
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/7793/Bab%202.pdf?sequence=10
Book of ITserviceManagement
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
https://www.researchgate.net/publication/264672909_PENDEKATAN_MODEL_INFORMATION_TECHNOLOGY_INFRASTRUCTURE_LIBRARY_ITIL_DALAM_REKAYASA_SISTEM_INFORMASI_UNTUK_PENCAPAIAN_IT-GOVERNANCE
[accessed Mar 06 2018].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar