STRUKTUR
SIM
Sistem informasi manajemen berusaha untuk menggabungkan keduanya dengan bertumpu pada norma organisasi dalam mendukung kegiatan organisasi. Dengan demikian diharapkan sistem formal dapat menjadi subsistem terutama keberhasilan organisasi bukan hanya perorangan tetapi hasil kerjasama seluruh organisasi.
1. Struktur sistem informasi berdasarkan kegiatan manajemen
Kegiatan perencanaan dan pengendalian manajemen dibagi atas tiga macam
yaitu: kontrol operasional, kontrol manajemen, dan perencanaan stategi.
Pengendalian operasional adalah proses penempatan agar kegiatan operasional
dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan
prosedur dan aturan keputusan yang telah ditentukan lebih dahulu dalam jangka
waktu yang relatif pendek. Dukungan pengolahan untuk pengendalian operasional
terdiri atas: pengolahan transaksi, pengolahan laporan, dan pengolahan
pertanyaan. Ketiga jenis pengolahan berisikan berbagai macam pembuatan
keputusan yang melaksanakan aturan keputusan yang telah disetujui atau
menyajikan suatu keluhan yang mengeluarkan yang akan diambil (Gordon,1999). Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh berbagai manajer
bagian, pusat laba dan sebagainya untuk mengukur prestasi, memutuskan tindakan
pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk ditetapkan personalian
operasional dan mengalokasikan sumber daya. Proses pengendalian manajemen
memerlukan jenis informasi yang berkaiatan dengan tingkat ketelitian yang lebih
tinggi menyangkut: pelaksanaan yang direncanakan, alasan adanya perbedaaan, dan
analisa atas keputusan atau arah tindakan yang mungkin.
Perencanaan strategi mengembangkan strategi sebagai sarana suatu
organisasi untuk mencapai tujuannya. Kegiatan perencanaan strategi tidak
mempunyai keteraturan meskipun sebenarnya bisa dijadwalkan dalam periode waktu
yang relatif panjang. Informasi yang dibutuhkan haruslah memberikan gambaran
yang lengkap dan menyeluruh, walaupun tidak mempunyai ketelitian yang tinggi.
2. Struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi
Setiap informasi dapat dianggap sebagai kumpulan subsistem yang
didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan dalam organisasi. subsistem-subsistem
yang umum adalahh sebagai fungsi-fungsi utama suatu organisasi dalam pemasaran,
produk, logistik, personalia, keuangan dan akuntansi. Setiap fungsi akan
melakukan kegiatan sebagai subsistem informasi untuk mendukung pengendalian
operasional, pengendalian manajemen dan pengendalian strategi.
3. Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual
dan fisik
Struktur sistem informasi manajemen (SIM) dapat pula dipandang
menurut konsep struktural yang memungkinkan pembahasan dan perancangan sistem
fisik yang akan mendefinisikan cara pelaksanaan SIM.
a. Struktur Konseptual
SIM didefinisikan sebagai suatu gabungan subsistem fungsional yang
masing-masing dibagi dalam empat macam pengolahan informasi, yaitu: pengolahan
transaksi, dukungan operasional sistem informasi, dukungan pengendalian
manajerial sistem informasi, dukungan perencanaan stategi sistem informasi.
b. Struktur Fisik
Struktur konseptual suatu SIM adalah untuk subsistem fungsional
yang terpisah ditambah suatu pangkalan data, beberapa aplikasi umum, dan satu
model dasar analisa umum dan model keputusan. Pada struktur fisik semua
aplikasi terdiri atas program yang sama sekali terpisah, tetapi hal ini tidak
selalu demikian adanya sehingga ada penghematan yang cukup besar dari pengolah
terpadu dan pemakain modul umum. Pengolahan terpadu dicapai dengan perencanaan
berbagai aplikasi yang paling berhubungan sebagai suatu sistem tunggal untuk
menyederhanakan kaitan (interface) dan mengurangi duplikasi masukan
sehingga melewati batas fungsional. Struktur fisik juga dipengaruhi pemakain
modul umum untuk pengoperasian pengolahan yang menyebabkan tidak ada aplikasi
yang lengkap tanpa pemakain modul umum. Untuk dapat menjelaskan struktur dari organisasi sistem informasi atau
SIM, digunakan beberapa pendekatan/pandangan yang terpisah, tetapi klasifikasinya
berhubungan :
- SIM berdasarkan elemen-elemen operasi
- SIM sebagai pendukung keputusan
- SIM berdasarkan aktifitas/kegiatan manaajeman
- SIM berdasarkan fungsi organisasi
1.
UNSUR PENGOPERASIAN
Adanya sistem manusia atau mesin yang
terpadu, untuk menyusun informasi, guna mendukung fungsi operasi manajemen dan
pengmbilan keputusan dalam sebuah organisasi.Dari pengertian tersebut dapat di
catat adanya unsur-unsur penting dari SIM antara lain :
a. Sistem Manusia/Mesin.
Sistem ini biasanya memilih sistem deterministikyang relatif tertutup.
Sistem semacam ini biasanya lebih mudah dirancang dibandingkan sistem
probablistik terbuka,karena perilakunya yag dapat didugasistem ini juga mudah
diatur dan dikendalikan. Dalam bidang sistem informasi ,unsur mesin
seperti computer dan program computer relatif tertutup dan deterministic.
Sedangkan unsure manusia adalah sistem terbuka dan probabilistic pemakaian
keduanya sistem manusia dan mesin dalam sistem membentuk sebuah sistem
manusia/mesin. Ada kombinasi manusia dan mesin yang mungkin sistem manusia/mesin
dapat mengandalkan mesin dan memakai manusia hanya suatu monitor atas operasi
mesin. Atau ,pada sebuah sistem dapat menekankan pada manusia sehingga mesin
hanya melaksanakan peran pendukung seperti menyediakan perhitungan atau mencari
data.
b. Sistem terpadu.
Sebuah sistem terpadu berdasrkan pada kebanyakan sistem pengolahan
computer yang pada mulanya mengikuti ancangan sistem pengolahan manual. Sebuah
analitis yang memakai sebuah “file” baru yang berasal dari bagian-bagian
“file”terpisah. Pengolahan terpadu dicapai melalui sebuah perencanaan sistem
scara menyeluruh. Gagasan pokok sistem terpadu adalah panduan terencana
dari berbagai penerapan yang layak dan efektif.
c. Sistem Operasi
Sistem pengolahan informasi yang mutakhir pun masih harus melayani
pengolahan transaksi.pengolahan transaksi menyajikan masukan bagi penerapan
selanjutnya,untuk mengoprasikan pengolahan transaksi pada systems-sistem
mutakhir,dan menuju pada pengumpulan data secara ‘online’. Kemampuan
memperoleh informasi secara ‘online’ sangat besar peranannya dalam mendukung
operasi. Berarti dalam setiap petugas yang berwenang dapat memperoleh jawaban
langsung atas suatu pemintaan informasi seperti posisi terakhir perkiraan
seorang pelanggan atau sediaan yang ada untuk jenis barang tertentu.
2.
KOMPONEN
FISIK SIM
Unsur ini adalah penting
dalam memahami suatu sistem pengolahan dan karenanya akan diselidiki sebelum
kerangka atau strukturnya diuraikan. Kalau pembelian sutu sistem informasi
manajemen dilakukan seperti lazimnya suatu mobil atau peralatan, maka komponen
yang diserahkan untuk melengkapi suatu sistem pengoprasiannya akan terdiri dari
perangkat keras perangkat lunak, prosedur, personal pengoperasian, dan
database. Berikut ini dijelaskan komponen fisik SIM, yaitu:
Komponen
sistem
|
Catatan
|
Perangkat
keras
|
Perangkat
keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer, peralatan penyiapan
data, dan terminal masukan/keluaran.
|
Perangakat
lunak
|
Perangkat
lunak dibagi dalam 3 jenis utama:
1. Sistem perangkat lunak umum.
2. Aplikasi perangkat lunak umum.
3. Aplikasi perangkat lunak yang terdiri atas program yang
secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.
|
Data
base
|
File
yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan
secara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya.
|
Prosedur
|
3
jenis prosedur yang dibutuhkan, yaitu,
1. Intruksi untuk pemakai
2. Intruksi untuk penyiapan masukan
3. Intruksi pengoperasian untuk karyawwan pusat komputer
|
Personil
|
Operator
komputer, analis komputer, programmer, personil dan entry, dan manajer sistem
informasi.
|
Suatu sistem informasi
dapat diuraikan menjadi komponen fisik. Akan tetapi, komponen fisik ini tidak
menjelaskan sistem seperti halnya suatu pembahasan mengenai konfigurasi
perangkat lunak tidak menjelaskan mengapa disusun sedemikkian rupa.
3.
FUNGSI PENGOLAHAN
Berdasarkan Fungsi Pengolahan SIM :
1. Mengolah transaksi
Salah satu fungsi sistem informasi adalah mengolah data yang diperoleh
dari catatan-catatan proses transaksi. Hal ini berarti sistem informasi
akan mengolah transaksi yang terjadi dalam sistem.
2. Memelihara file historis
File historis memuat kumpulan data transaksi yang telah terjadi dalam
jangka waktu tertentu pada masa lampau. File historis perlu dipelihara
untuk memenuhi kebutuhan informasi di masa mendatang. Umumnya file historis
diperlukan untuk proses peramalan (forecasting) dan perencanaan (planning)
berbagai kegiatan yang akan dilakukan. Pemeliharaan file historis memerlukan
suatu mekanisme tersistem yang mampu menjaga data yang tersimpan agar dapat
diakses dengan mudah dan cepat pada setiap saat diperlukan.
3. Menghasilkan keluaran
Unit pengolah dalam sistem informasi akan menghasilkan informasi-
informasi penting yang dibutuhkan para pengguna. Keluaran sistem dapat
ditampilkan di layar monitor komputer (softcopy) maupun tercetak di atas kertas
(hardcopy) atau media yang lain. Keluaran tersebut dapat berupa dokumen,
laporan, atau jawaban atas pertanyaan yang dihasilkan, baik secara rutin maupun
tidak rutin.
4. Interaksi user-pengolah
Interaksi user-pengolah merupakan salah
satu fungsi pengolahan dalam Sitem Informasi yang berupa media yang
memungkinkan user untuk berinteraksi dengan program aplikasi pengolahan data.
Interaksi user pengolah umumnya berupa tampilan dialog di monitor komputer.
User dapat menjawab pertanyaan, memilih proses, atau aktifitas lainnya untuk
mengoperasikan sistem.
Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan
fisik :
Struktur sistem informasi manajemen (SIM) dapat pula dipandang
menurut konsep struktural yang memungkinkan pembahasan dan perancangan sistem
fisik yang akan mendefinisikan cara pelaksanaan SIM.
a. Struktur Konseptual
SIM didefinisikan sebagai suatu gabungan subsistem fungsional yang
masing-masing dibagi dalam empat macam pengolahan informasi, yaitu: pengolahan
transaksi, dukungan operasional sistem informasi, dukungan pengendalian
manajerial sistem informasi, dukungan perencanaan stategi sistem informasi.
b. Struktur Fisik
Struktur konseptual suatu SIM adalah untuk subsistem fungsional
yang terpisah ditambah suatu pangkalan data, beberapa aplikasi umum, dan satu
model dasar analisa umum dan model keputusan. Pada struktur fisik semua
aplikasi terdiri atas program yang sama sekali terpisah, tetapi hal ini tidak
selalu demikian adanya sehingga ada penghematan yang cukup besar dari pengolah
terpadu dan pemakain modul umum. Pengolahan terpadu dicapai dengan perencanaan
berbagai aplikasi yang paling berhubungan sebagai suatu sistem tunggal untuk
menyederhanakan kaitan (interface) dan mengurangi duplikasi masukan
sehingga melewati batas fungsional. Struktur fisik juga dipengaruhi pemakain
modul umum untuk pengoperasian pengolahan yang menyebabkan tidak ada aplikasi
yang lengkap tanpa pemakain modul umum.
4. OUTPUT SISTEM
I/O Sistem Operasi
I/O System merupakan bagian untuk menangani inputan dan
outputan dari DCS. Inputan dan outputan tersebut bisa analog atau digital.
Inputan/outputan digital seperti sinyal-sinyal ON/OFF atau Start/Stop.
Kebanyakan dari pengukuran proses dan outputan terkontrol merupakan jenis
analog.
Pengertian Input
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.
Pengertian Output
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.
I/O system terdiri dari beberapa bagain penting yaitu:
a. I/O Hardware
b. Application I/O Interface
c. Kernel I/O Subsystem
d. I/O Requests to Hardware Operations
e. Streams
f. Performance
A.I/O Hardware
Secara umum, I/O Hardware terdapat beberapa
jenis seperti device penyimpanan (disk,tape),transmission device (network card, modem), dan
human-interface device (screen, keyboard,mouse). Device tersebut dikendalikan
oleh instruksi I/O. Alamat-alamat yang dimiliki device akan digunakan oleh
direct I/O instruction dan memory-mapped I/O. Beberapa konsep yang umum
digunakan ialah port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan
controller (host adapter).
- Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk
berkomunikasi dengan mesin.
- Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device
menggunakan kabel-kabel.
- Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi
untuk mengoperasikan port, bus, dan device.
B.Application I/O Interface
Merupakan suatu mekanisme untuk mempermudah
pengaksesan, sehingga sistem operasi melakukan standarisasi cara pengaksesan
peralatan I/O.
Interface aplikasi I/O melibatkan abstraksi,
enkapsulasi, dan software layering. Device driver mengenkapsulasi tiap-tiap
peralatan I/O ke dalam masing-masing 1 kelas yang umum (interface standar).
Tujuan dari adanya lapisan device driver ini adalah untuk menyembunyikan
perbedaan-perbedaan yang ada pada device controller dari subsistem I/O
pada kernel. Karena hal ini, subsistem I/O dapat bersifat independen dari
hardware. Beberapa hal yang berhubungan dengan Application I/O Interface
adalah:
1.Peralatan Block dan Karakter:
- Perangkat Block termasuk disk drive
- Perintah termasuk baca, tulis dan cari
- Raw I/O atau akses file-sistem
- Pemetaan memori untuk pengaksesan file
- Perangkat karakter termasuk keyboad, mouse dan serial
port
- Perintahnya seperti get, put
- Library layered dalam proses pengeditan
2.Peralatan Jaringan
Adanya perbedaan pengalamatan dari jaringan
I/O, maka sistem operasi memiliki interface I/O yang berbeda dari baca, tulis
dan pencarian pada disk. Salah satu yang banyak digunakan pada sistem operasi
adalah interface socket. Socket berfungsi untuk menghubungkan komputer ke
jaringan. System call pada socket interface dapat memudahkan suatu aplikasi untuk
membuat local socket, dan menghubungkannya ke remote socket.Dengan
menghubungkan komputer ke socket, maka komunikasi antar komputer dapat
dilakukan.
3.Jam dan Timer
Jam dan timer pada hardware komputer, memiliki
tiga fungsi :
- memberi informasi waktu saat ini
- memberi informasi lamanya waktu sebuah proses
- sebagai trigger untuk suatu operasi pada suatu
waktu.
Fungsi ini sering digunakan oleh sistem
operasi. Akan tetapi, system call untuk pemanggilan fungsi ini tidak
di-standarisasi antar sistem operasi. Hardware yang mengukur waktu dan
melakukan operasi trigger dinamakan programmable interval timer yang dapat di
set untuk menunggu waktu tertentu dan kemudian melakukan interupsi.
C.Kernel I/O subsystems
Kernel menyediakan banyak service yang berhubungan dengan I/O. Pada bagian ini, kita akan mendeskripsikan beberapa service yang disediakan oleh kernel I/O subsystem, dan kita akan membahas bagaimana caranya membuat infrastruktur hardware dan device-driver. Service yang akan kita bahas adalah I/O scheduling, buffering, caching, pooling, reservasi device, error handling.
Kernel menyediakan banyak service yang berhubungan dengan I/O. Pada bagian ini, kita akan mendeskripsikan beberapa service yang disediakan oleh kernel I/O subsystem, dan kita akan membahas bagaimana caranya membuat infrastruktur hardware dan device-driver. Service yang akan kita bahas adalah I/O scheduling, buffering, caching, pooling, reservasi device, error handling.
1.I/O Scheduling
Untuk menjadualkan sebuah set permintaan I/O, kita harus menetukan urutan yang bagus untuk mengeksekusi permintaan tersebut. Scheduling dapat meningkatkan kemampuan sistem secara keseluruhan, dapat membagi device secara rata di antara proses-proses, dan dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata untuk menyelesaikan I/O.
Untuk menjadualkan sebuah set permintaan I/O, kita harus menetukan urutan yang bagus untuk mengeksekusi permintaan tersebut. Scheduling dapat meningkatkan kemampuan sistem secara keseluruhan, dapat membagi device secara rata di antara proses-proses, dan dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata untuk menyelesaikan I/O.
2. Buffering
Buffer adalah area memori yang menyimpan data ketika mereka sedang dipindahkan antara dua device atau antara device dan aplikasi. Buffering dilakukan untuk tiga buah alasan. Alasan pertama adalah untuk men-cope dengan kesalahan yang terjadi karena perbedaan kecepatan antara produsen dengan konsumen dari sebuah stream data.
Buffer adalah area memori yang menyimpan data ketika mereka sedang dipindahkan antara dua device atau antara device dan aplikasi. Buffering dilakukan untuk tiga buah alasan. Alasan pertama adalah untuk men-cope dengan kesalahan yang terjadi karena perbedaan kecepatan antara produsen dengan konsumen dari sebuah stream data.
3. Caching
Sebuah cache adalah daerah memori yang cepat yang berisikan data kopian. Akses ke sebuah kopian yang di-cached lebih efisien daripada akses ke data asli. Sebagai contoh, instruksi-instruksi dari proses yang sedang dijalankan disimpan ke dalam disk, dan ter-cached di dalam memori physical, dan kemudian dicopy lagi ke dalam cache secondary and primary dari CPU. Perbedaan antara sebuah buffer dan ache adalah buffer dapat menyimpan satu-satunya informasi datanya sedangkan sebuah cache secara definisi hanya menyimpan sebuah data dari sebuah tempat untuk dapat diakses lebih cepat. Caching dan buffering adalah dua fungsi yang berbeda, tetapi terkadang sebuah daerah memori dapat digunakan untuk keduanya.
Sebuah cache adalah daerah memori yang cepat yang berisikan data kopian. Akses ke sebuah kopian yang di-cached lebih efisien daripada akses ke data asli. Sebagai contoh, instruksi-instruksi dari proses yang sedang dijalankan disimpan ke dalam disk, dan ter-cached di dalam memori physical, dan kemudian dicopy lagi ke dalam cache secondary and primary dari CPU. Perbedaan antara sebuah buffer dan ache adalah buffer dapat menyimpan satu-satunya informasi datanya sedangkan sebuah cache secara definisi hanya menyimpan sebuah data dari sebuah tempat untuk dapat diakses lebih cepat. Caching dan buffering adalah dua fungsi yang berbeda, tetapi terkadang sebuah daerah memori dapat digunakan untuk keduanya.
4.Spooling dan Reservasi Device
Sebuah spool adalah sebuah buffer yang menyimpan output untuk sebuah device, seperti printer, yang tidak dapat menerima interleaved data streams. Walau pun printer hanya dapat melayani satu pekerjaan pada waktu yang sama, beberapa aplikasi dapat meminta printer untuk mencetak, tanpa harus mendapatkan hasil output mereka tercetak secara bercampur. Sistem operasi akan menyelesaikan masalah ini dengan meng-intercept semua output kepada printer. Tiap output aplikasi sudah di-spooled ke disk file yang berbeda. Ketika sebuah aplikasi selesai mengeprint, sistem spooling akan melanjutkan ke antrian berikutnya. Di dalam beberapa sistem operasi, spooling ditangani oleh sebuah sistem proses daemon.
Sebuah spool adalah sebuah buffer yang menyimpan output untuk sebuah device, seperti printer, yang tidak dapat menerima interleaved data streams. Walau pun printer hanya dapat melayani satu pekerjaan pada waktu yang sama, beberapa aplikasi dapat meminta printer untuk mencetak, tanpa harus mendapatkan hasil output mereka tercetak secara bercampur. Sistem operasi akan menyelesaikan masalah ini dengan meng-intercept semua output kepada printer. Tiap output aplikasi sudah di-spooled ke disk file yang berbeda. Ketika sebuah aplikasi selesai mengeprint, sistem spooling akan melanjutkan ke antrian berikutnya. Di dalam beberapa sistem operasi, spooling ditangani oleh sebuah sistem proses daemon.
5.Error Handling
Sebuah sistem operasi yang menggunakan protected memory dapat menjaga banyak kemungkinan error akibat hardware mau pun aplikasi. Devices dan transfer I/O dapat gagal dalam banyak cara, bisa karena alasan transient, seperti overloaded pada network, mau pun alasan permanen yang seperti kerusakan yang terjadi pada disk controller. Sistem operasi seringkali dapat mengkompensasikan untuk kesalahan transient. Seperti, sebuah kesalahan baca pada disk akan mengakibatkan pembacaan ulang kembali dan sebuah kesalahan pengiriman pada network akan mengakibatkan pengiriman ulang apabila protokolnya diketahui. Akan tetapi untuk kesalahan permanent, sistem operasi pada umumnya tidak akan bisa mengembalikan situasi seperti semula.
Sebuah sistem operasi yang menggunakan protected memory dapat menjaga banyak kemungkinan error akibat hardware mau pun aplikasi. Devices dan transfer I/O dapat gagal dalam banyak cara, bisa karena alasan transient, seperti overloaded pada network, mau pun alasan permanen yang seperti kerusakan yang terjadi pada disk controller. Sistem operasi seringkali dapat mengkompensasikan untuk kesalahan transient. Seperti, sebuah kesalahan baca pada disk akan mengakibatkan pembacaan ulang kembali dan sebuah kesalahan pengiriman pada network akan mengakibatkan pengiriman ulang apabila protokolnya diketahui. Akan tetapi untuk kesalahan permanent, sistem operasi pada umumnya tidak akan bisa mengembalikan situasi seperti semula.
6.Kernel Data Structure
Kernel membutuhkan informasi state tentang penggunakan komponen I/O. Kernel menggunakan banyak struktur yang mirip untuk melacak koneksi jaringan, komunikasi karakter-device, dan aktivitas I/O lainnya. UNIX menyediakan akses sistem file untuk beberapa entiti, seperti file user, raw devices, dan alamat tempat proses. Walau pun tiap entiti ini didukung sebuah operasi baca, semantics-nya berbeda untuk tiap entiti. Seperti untuk membaca file user, kernel perlu memeriksa buffer cache sebelum memutuskan apakah akan melaksanakan I/O disk. Untuk membaca sebuah raw disk, kernel perlu untuk memastikan bahwa ukuran permintaan adalah kelipatan dari ukuran sektor disk, dan masih terdapat di dalam batas sektor. Untuk memproses citra, cukup perlu untuk mengkopi data ke dalam memori. UNIX mengkapsulasikan perbedaan-perbedaan ini di dalam struktur yang uniform dengan menggunakan teknik object oriented.Beberapa sistem operasi bahkan menggunakan metode object oriented secara lebih extensif.
Kernel membutuhkan informasi state tentang penggunakan komponen I/O. Kernel menggunakan banyak struktur yang mirip untuk melacak koneksi jaringan, komunikasi karakter-device, dan aktivitas I/O lainnya. UNIX menyediakan akses sistem file untuk beberapa entiti, seperti file user, raw devices, dan alamat tempat proses. Walau pun tiap entiti ini didukung sebuah operasi baca, semantics-nya berbeda untuk tiap entiti. Seperti untuk membaca file user, kernel perlu memeriksa buffer cache sebelum memutuskan apakah akan melaksanakan I/O disk. Untuk membaca sebuah raw disk, kernel perlu untuk memastikan bahwa ukuran permintaan adalah kelipatan dari ukuran sektor disk, dan masih terdapat di dalam batas sektor. Untuk memproses citra, cukup perlu untuk mengkopi data ke dalam memori. UNIX mengkapsulasikan perbedaan-perbedaan ini di dalam struktur yang uniform dengan menggunakan teknik object oriented.Beberapa sistem operasi bahkan menggunakan metode object oriented secara lebih extensif.
D.I/O Requests to Hardware Operations
Salah satu contohnya adalah:
a. Ilustrasi membuka sebuah
– Device mana tempat file yang akan dibuka
– Menerjemahkan _nama_ ke dalam device yang dimaksud
– Membaca secara fisik file yang hendak dibuka
– Data sudah siap untuk diakses
– Mengembalikan kontrol pada proses
– Device mana tempat file yang akan dibuka
– Menerjemahkan _nama_ ke dalam device yang dimaksud
– Membaca secara fisik file yang hendak dibuka
– Data sudah siap untuk diakses
– Mengembalikan kontrol pada proses
b.Ilustrasi lain pada waktu boot
Sistem mula-mula meminta bus piranti keras untuk menentukan device apa yang ada.
Sistem mula-mula meminta bus piranti keras untuk menentukan device apa yang ada.
E.Streams
I/O stream adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap
dan terus menerus melalui suatu aliran data (dua arah).Biasa digunakan dalam
network protocol dan menggunakan message passingdalam men-transferdata
Stream terdiri atas :
- sebuah stream head yang merupakn antarmuka dengan user
process,
- sebuah driver end yang mengontrol device,
- dan nol atau lebih stream modules
F.Performance
Faktor utama dalam performa sistem :
Faktor utama dalam performa sistem :
- Permintaan CPU untuk menjalankan device driver, kode
kernel I/O
- Keadaan/state untuk melayani interrupt
- Copy data
- Network traffic khususnya pada beban kinerja
5.
KONSEPTUAL SIM
konseptual suatu SIM adalah untuk subsistem fungsional yang terpisah
ditambah suatu pangkalan data, beberapa aplikasi umum, dan satu model dasar
analisa umum dan model keputusan. Pada struktur fisik semua aplikasi terdiri
atas program yang sama sekali terpisah, tetapi hal ini tidak selalu demikian
adanya sehingga ada penghematan yang cukup besar dari pengolah terpadu dan
pemakain modul umum. Pengolahan terpadu dicapai dengan perencanaan berbagai
aplikasi yang paling berhubungan sebagai suatu sistem tunggal untuk
menyederhanakan kaitan (interface) dan mengurangi duplikasi masukan sehingga melewati
batas fungsional. Struktur fisik juga dipengaruhi pemakain modul umum untuk
pengoperasian pengolahan yang menyebabkan tidak ada aplikasi yang lengkap tanpa
pemakain modul umum.
DAFTAR PUSTAKA
http://fairuzelsaid.com/konsep-sistem-informasi-manajemen-sim/
http://pwiyana97.blogspot.com/2015/05/struktur-sistem-informasi-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar